Mau Beli Mobil Bekas, Simak 5 Poin Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis Berikut!

Inspeksi mobil
Mobil bekas masih menjadi primadona di kalangan masyarakat karena menawarkan harga yang lebih variatif. Toh, ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh para penjual mobil bekas pakai yang masih layak. Calon pembeli juga bisa melakukan inspeksi mobil bekas lebih dulu untuk memastikan kendaraan masih bagus. Mau membeli mobil bekas dengan transmisi manual atau otomatis, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. 

Kalau Anda masih bingung menentukan jenis mobil bekas yang hendak dibeli, simak beberapa perbedaan keduanya berikut ini. 

1. Harga 
Anda bisa mencari informasi lengkap di pasaran mengenai harga beli atau harga purna jual mobil transmisi manual dan otomatis. Ternyata harga mobil otomatis masih lebih tinggi dibandingkan dengan mobil manual meskipun memiliki tahun dan tipe yang sama. Untuk Anda yang suka dengan transmisi otomatis, maka pastikan untuk menyediakan dana lebih besar sebelum melakukan inspeksi mobil pilihan Anda. 

2. Sistem operasi
Untuk pengendara wanita yang tidak ingin terlalu capek berkendara, mobil tipe otomatis pasti menjadi pilihan terbaik. Hanya ada 4 transmisi perpindahan pada mobil otomatis yaitu parking, reserve, neutral, drive and low serta memiliki 2 pedal saja. Kalau dibandingkan dengan mobil manual, Anda harus menguasai 5 atau 6 transmisi perpindahan dengan 3 pedal mencakup gas, rem dan kopling.

3. Bahan bakar
Dari segi konsumsi bahan bakar di antara mobil manual dan otomatis, mana yang paling rekomended? Kalau Anda mencari kendaraan dengan efisiensi bahan bakar tinggi, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli mobil transmisi manual. Pasalnya, mobil otomatis memiliki desain komponen yang lebih rumit sehingga boros bahan bakar. 

4. Perawatan mobil 
Membeli mobil bekas memang butuh perhatian lebih khusus sebab Anda harus memastikan bahwa perawatan mobil sebelumnya sudah baik. Anda hanya perlu melanjutkan perawatan berkala agar performa mobil tetap prima. Jika mobil telah berpindah ke banyak tangan dengan sistem perawatan yang kurang baik, maka performa mesin mobil tidak bisa sempurna baik manual atau otomatis. 

Namun, Anda juga harus tahu bagaimana cara merawat mobil bekas yang baik. Mobil dengan transmisi manual tidak membutuhkan perawatan yang ribet. Hal ini dikarenakan sistem dan komponen jauh lebih sederhana dibandingkan mobil otomatis. Jika terjadi masalah pada komponen mobil, Anda bisa membeli suku cadang mobil manual yang banyak tersedia dengan harga lebih murah. 

Mobil matic memang membutuhkan perawatan yang lebih mahal, tetapi performa mobil bekas matic tetap bisa bagus selama perawatan yang dilakukan sangat disiplin. Anda harus rutin melakukan penggantian oli transmisi agar mobil matic tetap awet dan memiliki kinerja prima. 

5. Akselerasi
Hal yang membedakan antara mobil manual dan otomatis terletak pada akselerasi sesuai wilayah perjalanan Anda. Jika Anda memang tinggal di wilayah yang membutuhkan kendaraan dengan performa terbaik, pilih mobil bekas manual. 

Mobil manual memiliki persneling yang lebih agresif sehingga cocok digunakan untuk jalanan ekstrem atau menanjak. Kalau Anda memang butuh kendaraan yang mendukung aktivitas harian di perkotaan, pilih mobil matic yang bisa membuat Anda lebih nyaman berkendara di jalanan landai. 

Berdasarkan ulasan perbedaan antara mobil manual dan otomatis di atas, Anda bisa memilih mobil mana yang bakal dibeli. Memilih jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan akan mendukung produktivitas harian Anda lebih baik lagi. Kalau Anda ingin cek mobil bekas yang berkualitas, kunjungi laman Otospector untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Yuk, pilih mobil bekas terbaik versi Anda sekarang juga!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger